Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 19 PadangTahunPelajaran 2019/2020.

Aldi, Bunga Oktari (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 19 PadangTahunPelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_BUNGA_OKTARI_ALDI_FIX_15029026_2019.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Dalam Pelaksanaan di sekolah pembelajaran masih terpusat pada guru, guru aktif memberikan informasi kepada peserta didik, sedangkan peserta didik masih pasif dalam pembelajaran. Sehingga mengakibatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar peserta didik rendah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran CORE lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 19 Padang Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 19 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII 1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII 4. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajara CORE lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Aktivitas yang berkaitan dengan keterlaksanaan pembelajaran CORE juga meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis perserta didik dengan taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:04
Last Modified: 05 Mar 2020 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25691

Actions (login required)

View Item View Item