Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Writ (TTW) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Pariaman.

Isabela, Isabela (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Writ (TTW) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ISABELA_15029103_5007_2019.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun berdasarkan observasi dan hasil tes terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 4 Pariaman masih rendah dan pembelajaran masih berpusat ke guru. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemahaman konsep yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW serta mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemahamaan konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajam konvensional di kelas VIII SMPN 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Desain. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang dipilih kelas VIII.3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan kuis kemampuan pemahaman konsep setiap pertemuannya. Data perkembangan kemampuan peserta didik dianalisis dan dideskripsikan melalui hasil kuis, sedangkan tes kemampuan pemahaman konsep peserta didik dianalisis dengan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa perkembangan kemampuan pemahaman konsep peserta didik di SMPN 4 Pariaman mengalami fluktuasi selama di terapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Dari analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dengan taraf oc= 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Feb 2020 06:57
Last Modified: 26 Feb 2020 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25464

Actions (login required)

View Item View Item