Analisis Sajian Buku teks pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1Terkait Komponen Contextual Teaching And Learning (CTL).

Helmiza, Honi (2019) Analisis Sajian Buku teks pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1Terkait Komponen Contextual Teaching And Learning (CTL). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_HONI_HELMIZA_15033003_3265_2019.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Buku teks pelajaran sepantasnya disajikan berbasis CTL yang membuat peserta didik bekerja keras untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mampu menggunakan pengalaman serta pengetahuan sebelumnya untuk membangun pengetahuan barn. Namun, masih banyak sekolah yang belum memperhatikan kualitas buku teks pelajaran digunakan oleh sekolah. Buku teks pelajaran yang digunakan masih banyak tidak dilengkapi dengan komponen kontekstual atau CTL. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sajian buku teks pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1 sudah memfasilitasi keterlaksanaan pendekatan kontekstual di SMA. J enis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh buku teks pelajaran Fisika SMA kelas XI yang digunakan di Indonesia dan beredar di Sumatera Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah buku karangan Marthen Kanginan tahun 201 7 penerbit Erlangga, buku karangan Muhammad Farchani Rosyid, dkk tahun 2016 penerbit Tiga Serangkai, buku karangan Sunardi, Paramitha Retno P, dan Andika B tahun 2016 penerbit Yrama Widya, dan buku karangan Ketut Kamajaya dan Wawan Purnama tahun 2016 penerbit Grafindo. Instrumen yang digunakan adalah instrumen ceklis berisi tujuh komponen CTL lalu dijabarkan menjadi 39 indikator. Setiap indikator diwakili oleh satu butir instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi dan persentase. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Buku karangan Sunardi, Paramitha Retno P, dan Andika B. Darmawan dengan persentase 82,3% keterpenuhan indikator CTL, buku karangan Ketut Kamajaya dan Wawan Purnama dengan persentase 78, 7% keterpenuhan indikator CTL, buku karangan Marthen Kanginan dengan persentase 65,4% keterpenuhan indikator CTL, dan buku karangan Muhammad Farchani Rosyid, dkk dengan persentase 64, 7% keterpenuhan indikator CTL. Maka buku yang direkomendasikan untuk digunakan dalam penerapan CTL adalah buku karangan Sunardi, Paramitha Retno P, dan Andika B. Darmawan. Kata Kunci: Analisis kontekstual, Buku teks pelajaran Fisika, Fisika SMA kelas XI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:42
Last Modified: 13 Feb 2020 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25242

Actions (login required)

View Item View Item