Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling Berbantuan Media Power Point Terhadap Basil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP N 40 Padang

Dahliani, Hindun (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling Berbantuan Media Power Point Terhadap Basil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP N 40 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_HINDUN_DAHLIANI_1304759_5134_2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) Interaksi dalam kelas terjadi satu arah (2) guru masih mendominasi dalam penyajian materi (3) kurang fokusnya perhatian siswa dalam belajar ( 4) Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 40 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 40 Padang. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Experimen, dengan populasinya yaitu berjumlah 56 orang. Sampel dilakukan dengan teknik purpose sampling, yaitu Kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas kontrol masing-masingnya berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes soal dalam bentuk objektif dan alat pengumpulan data adalah soal tes berbentuk objektif yang terdiri dari 40 butir soal. Hasil penelitian menemukan terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe Snowball Drilling berbantuan PowerPoint dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional dengan rata rata kelas eksperimen (VIII3) yaitu 86, 16 dan nilai rata-rata kelas kontrol (VIII2) yaitu 80,08. Dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan hasil analisis nilai thitung > ttabel, yaitu 3, 18 > 2,00488 dengan taraf nyata 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP N 40 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:28
Last Modified: 10 Feb 2020 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25139

Actions (login required)

View Item View Item