Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Pariaman.

Zairawati, Yutri (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ YUTRI_ZAIRAWATI_15029060_5450_2019.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan dapat dikuasai dengan baik oleh setiap peserta didik. Namun pada kenyataannya pemahaman konsep matematika peserta didik pada kelas VIII SMPN 3 Pariaman masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMPN 3 Pariaman yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik dari pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu ( quasy experiment) dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Pariaman tahun pelajaran 2019/2020 dengan sampel kelas VIII.2 dan VIII.3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika yang berbentuk soal essay dan lembar observasi belajar peserta didik. Data hasil tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf a = 0,05 diperoleh P-value = 0,009. P-value < a, maka tolak H0• Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMPN 3 Pariaman yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together lebih baik dari pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : pemahaman konsep matematika, NHT, pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Feb 2020 02:39
Last Modified: 03 Feb 2020 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25020

Actions (login required)

View Item View Item