Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di Kelas XII SMA Pertiwi 1 Padang.

Nurhafizah, Nurhafizah (2019) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di Kelas XII SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NURHAFIZAH_15029039_5542_2019.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah salah satu kemampuan yang hams dimiliki setiap peserta didik pada pembelajaran matematika dengan baik. Namun kenyataannya di kelas XII IPA SMA Pertiwi 1 Padang kemampuan ini masih belum optimal. Rendahnya kemampuan penalaran peserta didik disebabkan karena peserta didik tidak terbiasa menyelesaikan soal-soal non rutin dan kesulitan dalam memahami masalah secara mandiri. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran peserta didik yang belajar dengan pendekatan RME dan mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran peserta didik yang belajar dengan pendekatan RME lebih baik daripada kemampuan penalaran peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas XII IPA SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian adalah quasy experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomize Control Group Only Desain. Populasinya kelas XII IPA SMA Pertiwi 1 Padang dengan sampel penelitian yaitu kelas XII IPA 3 dan XII IPA 4. Instrumen penelitian berupa LKPD dan tes kemampuan penalaran. Data perkembangan kemampuan ini dideskripsikan melalui hasil LKPD, sedangkan hasil tes didianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil latihan LKPD diperoleh bahwa perkembangan kemampuan penalaran meningkat dengan pendekatan RME, dan berdasarkan hasil analisis tes diperoleh bahwa kemampuan penalaran peserta didik yang belajar dengan pendekatan RME lebih baik daripada kemampuan penalaran peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas XII IPA SMA Pertiwi 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:09
Last Modified: 30 Jan 2020 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24974

Actions (login required)

View Item View Item