Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Basil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 1 Sungai Aur.

Fitri, Ayunda (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Basil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 1 Sungai Aur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AYUNDA_FITRI_15031096_5590_2019.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, kurangnya minat, motivasi dan keberanian peserta didik untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya kompetensi belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Sungai Aur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar biologi peserta didik di SMAN 1 Sungai Aur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Desaign. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA di SMAN 1 Sungai Aur yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling/ saturation sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 sebgai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai pengetahuan peserta didik nilai thitung 3,45 > ttabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 2,06 > ttabet 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 2,48 > ttabet 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Sungai Aur. Kata kunci: Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:56
Last Modified: 23 Jan 2020 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24773

Actions (login required)

View Item View Item