Pengembangan Buku Guru IPA Terpadu KD 3.7, 3.8, dan 3.10 dengan Tema Fliuda Darah menggunakan Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Terintegrasi Pembelajaran Abad 21

Helfira, Riza (2019) Pengembangan Buku Guru IPA Terpadu KD 3.7, 3.8, dan 3.10 dengan Tema Fliuda Darah menggunakan Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Terintegrasi Pembelajaran Abad 21. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIZA_HELFIRA_17175024_4733_2019.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru IPA terpadu adalah guru IPA Terpadu yang ada sekarang belum memiliki latar belakang pendidikan IPA terpadu, sehingga mempengaruhi praktek mengajar guru. Untuk mengatasi hal tersebut dalam pembelajaran guru menggunakan buku guru. Buku guru salah satu implementasi kurikulum 2013 yang mendukung proses pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di sekolah membutuhkan buku guru IPA yang menerapkan pembelajaran terpadu dan mengintegrasian keterampilan-keterampilan yang diharapkan dapat mengghadapai tantangan abad 21 sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan buku guru IPA Terpadu KD 3.7, 3.8, dan 3.10 dengan tema fluida darah menggunakan pembelajaran terpadu tipe connected terintegrasi pembelajaran abad 21 yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plompyang terdiri dari tahap investigasi awal, prototipe atau pengembangan dan penilaian. Data dalam penelitian ini adalah data analisis kebutuhan, data validasi, data praktikalitas, dan data efektivitas. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar analisis, lembar validasi, lembar praktikalitas, dan lembar efektivitas. Pemberian skor pada instrumen menggunakan skala likert dan dianalisis dengan deskriptif persentase. Sedangkan data validasi dianalisis dengan formula Aiken’s. Hasil penelitian menunjukkan buku guru IPA Terpadu KD 3.7, 3.8, dan 3.10 dengan tema fluida darah menggunakan pembelajaran terpadu tipe connected terintegrasi pembelajaran abad 21 memiliki kriteria valid, sangat praktis, dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:52
Last Modified: 19 Nov 2019 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24159

Actions (login required)

View Item View Item