Kontribusi Self-Efficacy dan Dukungan Orangtua terhadap Perencanaan Karier Siswa SMK

Putra, Febri Wandha (2019) Kontribusi Self-Efficacy dan Dukungan Orangtua terhadap Perencanaan Karier Siswa SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_1_FEBRI_WANDA_PUTRA_16151016_4773_2019.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Perencanaan karier adalah upaya yang yang dilakukan oleh individu untuk mempersiapkan diri memasuki dunia karier. Perencanaan karier dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya self-efficacy dan dukungan orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan self-efficacy, dukungan orangtua, dan perencanaan karier, (2) menguji kontribusi self-efficacy terhadap perencanaan karier, (3) menguji kontribusi dukungan orangtua terhadap perencanaan karier, (4) menguji kontribusi self-efficacy dan dukungan orangtua secara bersama-sama terhadap perencanaan karier. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Penerbangan Angkasa Nasional (SPAN) Padang kelas XI dan kelas XII yang berjumlah 156 orang siswa. Sampel berjumlah 112 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tentang perencanaan karier, self-efficacy, dan dukungan orangtua yang menggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat gambaran variabel self-efficacy, dukungan orangtua, dan perencanaan karier. Selanjutnya regresi sederhana digunakan untuk mengetahui kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat, dan regeresi ganda untuk mengetahui kontibusi self-efficacy dan dukungan orangtua secara bersama-sama terhadap perencanaan karier. Hasil penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa : (1) secara rata- rata self-efficacy siswa berada pada kategori tinggi, dukungan orangtua berada pada kategori sangat bagus serta perencanaan karier siswa berada pada kategori bagus (2) self-efficacy berkontribusi terhadap perencanaan karier 31,9%, (3) dukungan orangtua berkontribusi terhadap perencanaan karier sebesar 26,1%, (4) self-efficacy dan dukungan orangtua secara bersama-sama berkontribusi terhadap perencanaan karier sebesar 40,9%. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengarahkan Guru BK/Konselor dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling terutama dalam peminatan dan perencanaan individual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:36
Last Modified: 18 Nov 2019 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24152

Actions (login required)

View Item View Item