Pengaruh Penerapan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Generatif terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang

Sundari, Resti (2018) Pengaruh Penerapan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Generatif terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RESTI_SUNDARI_1305762_3029_2018.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep siswa terhadap fisika masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh bahan ajar yang digunakan belum bervariasi dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang dapat mengajak siswa menemukan dan memecahkan masalah fisika. Selain itu, siswa kurang berminat dan aktif dalam pembelajaran fisika yang menyebabkan masih rendahnya pencapaian kompetensi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan bahan ajar dan model pembelajaran yakni LKPD berorientasi model pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD berorientasi model pembelajaran generatif terhadap pencapaian kompetensi fisika siswa kelas XI SMAN 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI SMAN 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini, eksperimen yang dilakukan dengan tanpa melakukan pengendali terhadap variabel-variabel berpengaruh dan diutamakan adalah perlakuan saja tanpa ada kelompok kontrol. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penilaian yang digunakan mencakup kompetensi sikap dengan lembar observasi, kompetensi pengetahuan melalui tes tertulis dan kompetensi keterampilan dengan lembar unjuk kerja. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji regresi untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan serta deskriptif untuk kompetensi sikap. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh data untuk ketiga kompetensi fisika siswa. Pada kompetensi sikap siswa mengalami peningkatan setiap minggunya. Pada kompetensi pengetahuan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan presentase pengaruhnya besar dari 17 %. Sedangkan pada kompetensi keterampilan presentase pengaruhnya besar dari 20 %. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh berarti penerapan LKPD berorientasi model pembelajaran generatif terhadap kompetensi fisika siswa kelas XI SMAN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:17
Last Modified: 14 Nov 2019 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24088

Actions (login required)

View Item View Item