Pengaruh Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Kesehatan Pernapasan dan Ekskresi Bermuatan Literasi Era Digital terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 15 Padang

Adrianti, Kartika (2018) Pengaruh Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Kesehatan Pernapasan dan Ekskresi Bermuatan Literasi Era Digital terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_KARTIKA_ADRIANTI_14033087_4232_2018.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Literasi diperlukan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Untuk menghadapi tantangan ini, Pemerintah Indonesia mendorong Gerakan Literasi di Sekolah yang disingkat dengan GLS. Pemerintah juga mendorong pembelajaran IPA dalam bentuk terpadu. Materi pembelajaran IPA terpadu mencakup Fisika, Kimia, dan Biologi. Kondisi nyata menunjukkan pembelajaran IPA masih belum dilaksanakan dengan baik, materi dalam buku IPA terpadu belum mencerminkan keterpaduan, dan literasi siswa masih tergolong rendah.Solusi dari permasalahan adalah menerapkan bahan ajar IPA terpadu bermuatan literasi era digital. Tujuan penelitian adalah menentukan pengaruhbahan ajar IPA terpadu tema kesehatan pernapasan dan ekskresi bermuatan literasi era digital terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 15 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalaheksperimen semu atau Quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-only control group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2017/2018 SMP Negeri 15 Padang. Jumlah populasi yaitu 226 orang siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel.Sampel terdiri dari kelas VIII 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa kelas sampel sebanyak 64 siswa. Kelas sampel ini dipilih dengan menggunakan teknik purpose sampling. Instrumen penelitian adalah lembar tes tertulis untuk aspek pengetahuan, lembar observasi untuk aspek sikap, dan lembar penilaian kinerja untuk aspek keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji perbandingan dua rata-rata. Dari analisis data yang dilakukan dapat dikemukan bahwa penerapan bahan ajar IPA terpadu tema kesehatan pernapasan dan ekskresi bermuatan literasi era digital dalam pendekatan saintifikmemberi pengaruh positif terhadap aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa kelas VIII SMPN 15 Padang pada taraf nyata 95 %. Adanya pengaruh positif mengidenkasikan penggunaan bahan ajar IPA terpadu terdapat perbedaan kompetensi mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dengan demikian bahan ajar IPA terpadu tema kesehatan pernapasan dan ekskresi bermuatan literasi era digital baik digunakan untuk pembelajaran IPA terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Nov 2019 07:34
Last Modified: 11 Nov 2019 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24053

Actions (login required)

View Item View Item