Hubungan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Tari di Kelas X MAN 3 Kota Padang

Armayeni, Pebriza (2019) Hubungan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Tari di Kelas X MAN 3 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Pebriza_Armayeni_1202840_4784_2019.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan motivasi siswa kelas X MAN 3 Padang yang dipengaruhi o leh faktor guru, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajarannya.Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar seni tari di Kelas X MAN 3 Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian korelasional adalah penelitan yang mengukur hubungan antara variabel X dan Y. Sampel penelitian adalah 25 orang siswa kelas X-1 MAN 3 Padang. Instrumen penelitian adalah angket dan tes hasil belajar. Sementara teknik pengumpulan data, melibatkan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data sekundernya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tari di MAN 3 Padang. Terbukti dengan nilai signifikansi uji korelasi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan pembuktian hipotesis ini, maka motivasi belajar yang ditunjukkan dengan perhatian (80,4%), pemahaman (83,25%), ketekunan (79%) dan percaya diri (79,8%), bila berada pada motivasi yang tinggi akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:20
Last Modified: 11 Nov 2019 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24045

Actions (login required)

View Item View Item