Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Gelombang dalam Kehidupan Bermuatan Literasi Era Digital terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang

Yulia, Elvida (2018) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Gelombang dalam Kehidupan Bermuatan Literasi Era Digital terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ELVIDA_YULIA_14033008_4238_2018.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran IPA di SMP dilaksanakan secara terpadu dengan adanya integrasi dalam pembelajaran. Kenyataan yang ditemukan di sekolah pembelajaran IPA terpadu dan integrasi literasi dalam pembelajaran belum sesuai dengan tuntutan serta hasil belajar siswa masih dalam kategori rendah. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah menggunakan bahan ajar IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan bermuatan literasi era digital. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh penerapan Bahan ajar IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan bermuatan literasi era digital terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen semu dengan disain penelitian Posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk aspek pengetahuan berupa lembar tes tertulis, aspek sikap berupa lembar observasi, dan aspek keterampilan berupa lembar penilaian kinerja. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan hasil penelitian yaitu bahwa penggunaan bahan ajar IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan bermuatan literasi era digital memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa yang mencakup aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek sikap pada taraf kepercayaan 95 %. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA terpadu tema gelombang dalam kehidupan bermuatan literasi era digital dalam pendekatan saintifik efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:20
Last Modified: 11 Nov 2019 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24043

Actions (login required)

View Item View Item