Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Lintas Minat tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dengan Direct Instruction di Kelas XI IPS SMAN 1 Pasaman.

Al Mukharromah, Nisa (2018) Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Lintas Minat tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dengan Direct Instruction di Kelas XI IPS SMAN 1 Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NISA_AL_MUKARROMAH_14031046_3713_2018.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Lintas minat merupakan program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi perluasan pilihan minat, bakat, dan kemampuan akademik peserta didik dengan orientasi penguasaan kelompok mata pelajaran keilmuan diluar pilihan minat. Pemilihan mata pelajaran lintas minat di SMAN 1 Pasaman ditentukan oleh pihak sekolah. Berdasarkan data nilai ulangan harian tentang materi sel di Kelas XI IPS, diketahui 89.3 % peserta didik yang belum memenuhi kriteria angka ketuntasan minimal (KKM) dengan kegiatan pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru adalah penerapan model pembelajaran direct instruction. Penerapan model pembelajaran make a match merupakan satu usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik lintas minat tentang materi sistem reproduksi pada manusia menggunakan model pembelajaran make a match dengan model pembelajaran direct instruction di Kelas XI IPS SMAN 1 Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IPS di SMAN 1 Pasaman. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pada penelitian ini Kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik lintas minat tentang sistem reproduksi pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran make a match lebih tinggi daripada model pembelajaran direct instruction di Kelas XI IPS SMAN 1 Pasaman di uji menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t diketahui bahwa thitung>ttabel (3.51>1.67). Oleh karena itu, dinyatakan hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik lintas minat tentang sistem reproduksi pada manusia dengan menggunakan model pembelajaran make a match lebih tinggi daripada model pembelajaran direct instruction di Kelas XI IPS SMAN 1 Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Oct 2019 23:26
Last Modified: 07 Oct 2019 23:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23579

Actions (login required)

View Item View Item