Upaya Kegiatan 30 Menit Baca Bersama SD N 01 Batu Payuang Kab. Lima Puluh Kota Meningkatkan Literasi Siswa

Halimah, Siti (2019) Upaya Kegiatan 30 Menit Baca Bersama SD N 01 Batu Payuang Kab. Lima Puluh Kota Meningkatkan Literasi Siswa. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Siti_Halimah_16026068_3805_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam makalah ini dibahas tentang upaya kegiatan 30 menit baca bersama SD Negeri 01 Batu Payuang Kabupaten Lima Puluh Kota meningkatkan literasi siswa. penulisan makalah bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) pelaksanaan kegiatan 30 menit baca bersama tahap pembiasaan, 2) pelasanaak kegiatan 30 menit baca bersama tahap pengembangan, 3) pelaksanaan kegiatan 30 menit baca bersama tahappembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru dan kepala sekolah di SD Negeri 01 Batu Payuang Kabupaten Lima Puluh Kota. Penganalisaan data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan uraian pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Upaya kegiatan 30 menit baca bersama SD Negeri 01 Batu Payuang Kabupaten Lima Puluh Kota meningkatkan literasi siswa cukup baik. Pertama, pelaksanaan kegiatan 30 menit baca bersama tahap pembiasan diantaranya, kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan memilih buku bacaan disekolah sudah dilaksanakan dengan baik sedangkan kegiatan menata sarana dan lingkungan kaya literasi, menciptakan lingkungan kaya teks, dan pelibatan publik belum terlaksana sebagaimana mestinya. Kedua, pelaksanaan kegiatan 30 menit baca bersama tahap pengembangan diantaranya, langkah­ langkah membaca pada tahap pengembangan, kegiatan mendiskusikan cerita, dan pemanfaatan perpustakaan dan sudut baca di sekolah sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan pedoman yang ada, sedangkan kegiatan memilih buku pengayaan fiksi dan nonfiksi, penilaian non­akademik pada tahap pengembangan, mengapresiasi capaian literasi siswa dan pembentukan Tim Litersi Sekolah belum terlaksana dengan baik akan tetapi beberapa dari kegiatan tersebut sudah sesuai dengan pedoman literasi yang diterapkan. Ketiga, pelaksanaan kegiatan 30 menit baca bersama tahap pembelajaran diantaranya, kegiatan bemagai cara membaca, kegiatan menanggapi bacaan, menulis kembali isi cerita dilaksanakan sesuai peoman yang telah ditentukan, namun kegiatan penilaian akademik pada tahap pembelajaran masih belum terlaksana sesuai pedoman yang telah ditentukan. Serta Dampak pelakasanaan kegiatan 30 menit baca bersama diantaranya dampak positif, lulusan diterima di SMP Faforit dan unggul juga meningkatkan pembelajaran siswa. Dampak negatif ialah membutuhkan bagi orangtua dalam memenuhi bahan bacaan bagi siswa, menciptakan suasana yang membosankan dan membuat mata lelah bagi siswa yang belum terbiasa, bagi orangtua kegiatan literasi dapat membuang waktu pembelajaran, danterkadang memakan waktu proses belajar mengajar guru di dalam kelas. Kendala yang dialami adalah kurangnya fasilitas literasi dan pemahaman guru dan karyawan sekolah terhadap kegiatan literasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Sep 2019 01:19
Last Modified: 20 Sep 2019 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23395

Actions (login required)

View Item View Item