Penggunaan Struktur dan Unsur Kebahasaan dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Padang

Lestari, Devi Eva Riana Puji (2019) Penggunaan Struktur dan Unsur Kebahasaan dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Devi_Eva_Riana_Puji_Lestari_15016005_3226_2019.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 23 Padang. Kedua, mendeskripsikan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 23 Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa struktur dan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa. Sumber data penelitian ini adalah tulisan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 23 Padang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi.Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi ( Cross-chek). Data dianalisis dengan langkah-langkah, yaitu (l)peneliti mengidentifikasi unsur umum yang terdapat dalam teks deskripsi, (2) menganalisis teks berdasarkan aspek yang diteliti, yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa, (3) hasil analisis peneliti diperiksa atau dicek kembali oleh informan triangulasi, (4) membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan dua hal sebagai berikut. Pertama, struktur teks deskripsi. Struktur teks terdiri atas identifikasi dan deskripsi bagian. Identifikasi dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 23 Padang secara keseluruhan telah memiliki identifikasi. Dari 35 data penelitian secara keseluruhan memiliki identifikasi. Dari 35 data yang memiliki identifikasi tersebut, terdapat 11 data yang menggabungkan identifikasi/gambaran umum dengan deskripsi bagian. Selanjutnya, deskripsi bagian. Deskripsi bagian yang ditulis siswa secara umum telah rinci. Hal tersebut terbukti dari 35 teks yang memiliki struktur deskripsi bagian terdapat 14 teks yang deskripsi bagiannya terdiri atas satu paragraf dan 1 teks yang deskripsi bagiannya bergabunng dengan identifikasi. Kedua, dilihat dari unsur kebahasaan, unsur kebahasaan yang di jelaskan tentang kalimat dan pola dasar kalimat. Pola dasar kalimat yang paling banyak digunakan siswa ialah SPK, sedangkan pola dasar kalimat yang paling sedikit digunakan ialah SPOPel. Selanjutnya, pola penalaran yang paling banyak digunakan siswa adalah penalaran deduktif. Dari 87 paragraf 70 paragraf menggunakan penalaran deduktif, 2 paragraf menggunakan penalaran induktif, dan 15 paragraftidak tepat pola penalarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:30
Last Modified: 16 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23243

Actions (login required)

View Item View Item