Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif The Power of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Padang

Putri, Melisa Weniza (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif The Power of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MELISA_WENIZA_PUTRI_1305615_4401_2018.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan aspek dasar dalam pembelajaran matematika yang harus dimiliki siswa untuk mencapai kemampuan yang lainnya. Namun kenyataan yang ditemukan di lapangan, pemahaman konsep matematika siswa masih rendah dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran masih kurang di kelas VIII SMPN 3 Padang. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran aktif The Power of Two. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan pembelajaran aktif The Power of Two lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional dan bagaimana aktivitas belajar siswa selama diterapkannya model pembelajaran aktif The Power of Two. Jenis penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen dan penelitian deskriptif, dengan rancangan Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes akhir pemahaman konsep matematika yang berupa soal essay dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Sedangkan untuk melihat aktivitas belajar siswa selama diterapkannya model pembelajaran aktif The Power of Two dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh p-value = 0,012 pada taraf signifikan 0,05. Ini berarti bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran aktif The Power of Two lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk aktivitas siswa selama diterapkannya model pembelajaran aktif The Power of Two dapat membantu siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif The Power of Two memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika dan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:41
Last Modified: 09 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23047

Actions (login required)

View Item View Item