Yulvawita, Deny (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_DENY_YULVAWITA_14029057_3551_2018.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika salah satunya adalah komunikasi matematis. Namun, pada kenyataannya dari hasil belajar peserta didik terlihat bahwa komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMPN 13 Padang masih rendah, sehingga harus ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar aktif dan membangun pengetahuannya sendiri. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model Quantum Teaching. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMPN 13 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.8 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes komunikasi matematis berbentuk soal uraian yang kemudian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf nyata
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 03:08 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 03:08 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22923 |
Actions (login required)
View Item |