Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa kelas VII SMPN 15 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018

Anakky, Bimo Vigo (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa kelas VII SMPN 15 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_BIMO_VIGO_ANAKKY_1301338_4296_2018.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa kelas VII SMPN 15 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018 Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa merupakan aspek penting yang perlu dicapai melalui pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya pemahaman konsep matematika siswa SMPN 15 Padang belum berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang rendah. Selain itu, siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Learning Cycle 5E. Model Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung yang mana siswa akan memperoleh pengetahuan yang belum diketahuinya tidak melalui pemberitahuan melainkan melalui penemuan sendiri. Setiap tahap dari model Learning Cycle 5E akan menuntun siswa secara optimal dalam memahami konsep dengan baik. Oleh karena itu, akan dilaksanakan penelitian berkaitan dengan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Learning Cycle 5E lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 sampai VII.8 SMPN 15 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih siswa kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir yang dianalisis menggunakan uji hipotesis, yaitu uji t. Berdasarkan analisis uji statistik diperoleh P-value sebesar 0,019 yang mana P-value lebih kecil daripada taraf nyata sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Learning Cycle 5E lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 15 Padang. Dengan demikian, model Learning Cycle 5E memberikan pengaruh positif dalam kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Sep 2019 03:07
Last Modified: 04 Sep 2019 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22920

Actions (login required)

View Item View Item