Wati, Fatimah (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN Nyiur Kec Malalak Kab Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FATIMAH_WATI_50543_2064_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_FATIMAH_WATI_50543_2064_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FATIMAH_WATI_50543_2064_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan yang diamati peneliti di SDN Nyiur 
Kecamatan Malalak Kabupaten Agam ditemui permasalahan bahwa proses 
pembelajaran  PKn di kelas IV masih rendah hal ini terlihat di dalam proses 
pembelajarn masih dominan, sebaliknya siswa kurang diberikan kesempatan. 
Permasalahan pembelajaran tersebut berdampak pada minat dan motivasi siswa untuk 
belajar menjadi berkurang, sehingga nilai yang dicapai tidak sesuai dengan yang 
diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model 
cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini 
adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn 
dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together 
(NHT) di kelas IV SDN Nyiur Kecamatan Malalak. 
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), penelitian 
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 
semester I tahun ajaran 2015/2016 di SDN Nyiur Kecamatan Malalak Kabupaten 
Agam, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Nyiur, 
dengan jumlah siswa 10 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan  
observasi, tes, dan dokumentasi. 
Hasil penelitian diperoleh bahwa aspek rencana pelaksanaan pembelajaran pada 
siklus I adalah 85.7% (baik), aspek guru 84.0% (baik), aspek siswa 82.3% (baik), 
sedangkan hasil belajar siswa 67 (cukup). Aspek rencana pelaksanaan pembelajaran 
meningkat pada siklus II adalah  89.3% (baik), aspek guru 92.9% (sangat baik), aspek 
siswa 92.9% (sangat baik), dan hasil belajar siswa mendapat rata-rata 84.2 (baik) 
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model cooperative 
learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada 
pembelajaran PKn di kelas IV SDN Nyiur Kecamatan Malalak Kabupaten Agam.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 22 Aug 2025 01:54 | 
| Last Modified: | 22 Aug 2025 01:54 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22386 | 
 
         