Using the Select-Teach-Activate and Revisit (STAR) Model to Improve Vocabulary Achievement for Junior High School Students

Mughni, Nofadhilah (2016) Using the Select-Teach-Activate and Revisit (STAR) Model to Improve Vocabulary Achievement for Junior High School Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_NOFADHILAH_MUGHNI_54575_3399_2016.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Kosakata merupakan elemen yang penting dalam mempelajari sebuah bahasa. Untuk mempelajari bahasa inggris kosakata sangat diperlukan karena dengan menguasai atau memiliki kosakata yang banyak siswa akan lebih mudah untuk mempelajari keterampilan bahasa seperti membaca, menulis dan berbicara. Mempelajari dan memperkaya kosa kata bukanlah hanya dengan mencari kata-kata tertentu di dalam kamus tetapi dibutuhkan strategi yang efektif dan efisien untuk memperkaya kosakata tersebut. Namun, masih banyak siswa memiliki keterbatasan dalam penguasaan kosakata tersebut karena cara mengajar guru yang sering kali tidak efektif dan kurang bervariasi. Efek dari keterbatasan penguasaan kosakata tersebut membuat siswa mengalami kesulitan untuk memahami keterampilan bahasa. Untuk itu, banyak strategi yang telah dikembangkan oleh para ahli pendidikan untuk membantu guru dalam menciptakan cara belajar yang efektif dan efesien. Salah satu diantaranya adalah menggunakan strategi Select-Teach-Activate and Revisit (STAR) model. Pada dasarnya Select-Teach-Activate and Revisit (STAR) model ialah kegiatan mengenalkan kosakata baru dengan cara memilih beberapa kosakata yang ada didalam bacaan kemudian guru menjelaskan makna kosakata tersebut baik melalui ilustrasi atau contoh. Setelah itu guru mengecek pemahaman siswa mengenai kosakata tersebut dan memastikan siswa telah mendengar, membaca, dan menggunakan kosakata tersebut melalui kegiatan menulis. Selanjutnya mereview kembali kata yang sudah dipelajari siswa dengan kegiatan menulis dengan kata tersebut. Dengan adanya strategi ini diharapkan guru-guru Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan memperkaya kosakata mereka sehingga belajar Bahasa Inggris menjadi lebih efektif, efisien dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:40
Last Modified: 18 Oct 2018 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18678

Actions (login required)

View Item View Item