Anggriani, Vera (2016) Karakteristik Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Fabel dalam Cerita si Kancil dan 55 Dongeng Pilihan Lainnya Karya Kak Alang

Putri, Veronika Julia (2014) Anggriani, Vera (2016) Karakteristik Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Fabel dalam Cerita si Kancil dan 55 Dongeng Pilihan Lainnya Karya Kak Alang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_VERONIKA_JULIA_PUTRI_1100866_519_2015.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menulis teks laporan observasi sebelum menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang. Kedua, mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menulis teks laporan observasi sesudah menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model discovery learning berbasis media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang yang terdaftar 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks laporan observasi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks laporan observasi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang. Data dianalisis dengan rumus pesentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan obsevasi sebelum dan sesudah mengggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan observasi sebelum menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rata-rata 64.45. Kedua, keterampilan menulis teks laporan observasi sesudah menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 82,96. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)= (n1+n2)-2 karena thitung > ttabel yaitu 7,15 >1,67. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual (rata-rata 82,96) lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model discovery learning berbasis media audiovisual (rata-rata 64,45). Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung > ttabel yaitu 7,15 >1,67. Dengan kata lain, model discovery learning berbasis media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:14
Last Modified: 08 Oct 2018 09:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18152

Actions (login required)

View Item View Item