Hubungan Keterampilan Memahami Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Punjung

Sari, Popy Novia (2015) Hubungan Keterampilan Memahami Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Punjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_POPY_NOVIA_SARI_54553_1384_2015.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan memahami teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Punjung. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Punjung. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan memahami teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Punjung Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data dalam penelitian ini ada dua. Pertama, data keterampilan memahami teks laporan hasil observasi siswa. Kedua, data keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Metode ini bertujuan untuk mengalisis hubungan antara keterampilan memahami teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Punjung. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Punjung dengan sampel berjumlah 62 orang yang diperoleh dengan teknik proportional random sampling. Data diperoleh melalui dua tes, yaitu tes objektif dan tes untuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan memahami teks laporan hasil observasi sementara tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks laporamn hasil observasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan memahami teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulau Punjung berada pada kualifikasi lebih dari cukup (75,09). Kedua, keterampilan menulis teks keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri Pulau Punjung lebih dari cukup (74,53). Ketiga, terdapat hubungan antara keterampilan memahami teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-2. Dengan kata lain, apabila keterampilan memahami teks laporan hasil observasi (X) siswa baik, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi (Y) siswa juga baik. Namun, dari beberapa orang ditemukan ada yang tidak sesuai dengan teori tersebut. Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor lainnya yang menjadi keterbatasan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:30
Last Modified: 05 Oct 2018 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18090

Actions (login required)

View Item View Item