Hubungan Keterampilan Membaca Kritis dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan

Ramadhani, Huzaifah (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Kritis dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_HUZAIFAH_RAMADHANI_57800_1347_2015.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Ketiga, mendeskripsikan hubungan keterampilan membaca kritis dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 203 orang dan tersebar dalam tujuh kelas dan sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Terdapat dua data yang akan diolah. Pertama, data keterampilan membaca kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Kedua, data keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan berada pada kualifikasi lebih dari cukup (70,22). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan Selatan berada pada kualifikasi baik (80). Ketiga, terdapat hubungan antara keterampilan membaca kritis dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. Dengan kata lain, apabila keterampilan membaca kritis (X) siswa baik, maka keterampilan menulis teks eksposisi (Y) siswa akan semakin bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18000

Actions (login required)

View Item View Item