Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Leraning terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar

Aviva, Fitria (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Leraning terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_FITRIA_AVIVA_1200871_4383_2016.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning, 2) mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning, 3) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen (quasi experimen). Rancangan penelitian yang digunakan adalah satu kelas one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 168 orang siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 yang berjumlah 21 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning.. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis berita sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis berita sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga, sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis berita sebelum menggunakan model problem based learning siswa kelas VIII berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 68,41. Kedua, keterampilan menulis berita sesudah menggunakan model problem based learning siswa kelas VIII berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 77,94. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,87 > 1,68). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung>ttabel yaitu (2,87 > 1,68). Dengan kata lain, model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17979

Actions (login required)

View Item View Item