Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan metode Problem Solving di Kelas IV SDN 04 2x11 Enam Lingkung Kab Padang Pariaman

Susanti, Eka Ermi (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan metode Problem Solving di Kelas IV SDN 04 2x11 Enam Lingkung Kab Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_EKA_ERMI_SUSANTI_1207378_619_2018.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa, yakni siswa tidak aktif dalam pembelajaran IPS sehingga masih rendah hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 04 2x11 Enam Lingkung. Hal ini berakibat pembelajaran yang dialami siswa kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun pola pikir siswa dalam pemecahan masalah. Pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 04 2x11 Enam Lingkung tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan perencanaan (RPP), pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 04 2x11 Enam Lingkung yang berjumlah 13 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh skor 69,65% dengan kualifikasi baik meningkat pada pembelajaran siklus II dengan skor 92,57% kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan hasil pengamatan aktivitas guru siklus I diperoleh 72,09% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II dengan skor 87,6% kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil pengamatan pada aktivitas siswa diperoleh pada siklus I dengan skor 70% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II dengan skor 88,6% kualifikasi sangat baik. Dan pada hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,27 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,24. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SDN 04 2x11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:46
Last Modified: 25 Sep 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17359

Actions (login required)

View Item View Item