Safril, Nelly (2023) Pengembangan Bahan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kebersyukuran Siswa Sekolah Menengah yang Beretnis Minangkabau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NELLY_SAFRIL_20151020_1742_2023.pdf [thumbnail of B1_01_NELLY_SAFRIL_20151020_1742_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NELLY_SAFRIL_20151020_1742_2023.pdf
Download (471kB)
Abstract
Kebersyukuran dapat meningkatkan kepuasan hidup dan membantu individu untuk berkembang secara optimal. Kebersyukuran yang rendah menjadikan seseorang tidak mampu menghadapi kehidupan dengan pandangan yang positif sehingga mengganggu kenyamanan dan kepuasan hidup. Berbagai tindakan yang dilakukan akan dikendalikan oleh budaya yang menjadi suatu nilai atau bagian dari pemikiran dan pembiasaan pada remaja. Kebersyukuran pada remaja yang beretnis budaya minangkabau yang menjadi subjek penelitian dari 182 siswa hanya 64 siswa yang memiliki kebersyukuran sangat tinggi, 118 siswa lainnya berada pada tingkat tinggi dan sedang kebersyukurannya. Menerapkan kebersyukuran dalam diri berdampak pada rendahnya tingkat stres serta dapat meningkatkan kesejahteraan. Tujuan penelian ini yaitu untuk menghasilkan bahan layanan yang valid secara isi dan desain, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kebersyukuran siswa sekolah menengah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Responden pada penelitian ini adalah 3 orang ahli isi dalam bidang BK (validitas isi) dan 3 orang ahli desain (validitas tampilan), 3 orang guru BK (uji praktikalitas), 29 siswa (uji praktikalitas) dan 31 siswa pada uji efektivitas. Instrumen penelitian ini yaitu daftar isian uji validitas isi dan tampilan, daftar isian uji praktikalitas serta daftar isian uji efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Koefisien Konkordansi Kendall (untuk uji validitas isi, desain dan uji praktikalitas), uji efektivitas menggunakan teknik analisis Wilcoxson Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan layanan informasi yang dikembangkan sudah valid secara isi dan desain, praktis serta efektif untuk meningkatkan kebersyukuran siswa SMAN 1 Batipuh. Bahan layanan informasi
yang dikembangkan ini hanya sebatas pada uji coba efektivitas pada kelompok kecil, untuk itu perlu dilakukan penelitian eskperimen guna menguji efektivitas yang sebenarnya dari produk bahan layanan informasi yang dikembangkan sehingga dapat menambah kebermanfaatan pada produk yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Layanan Informasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 07:18 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8466 |