Sitohang, Hanida Mahdalena
(2024)
Pengaruh Penggunaan Strategi GIST
(Generating, Interaction, Schemata and Text) terhadap Keterampilan
Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan membaca
pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang menggunakan
strategi GIST (Generating, Interaction, Schemata and Text), (2) keterampilan
membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang
menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) pengaruh strategi GIST
(Generating, Interaction, Schemata and Text) terhadap keterampilan membaca
pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Penelitian ini menggunakan rancangan Postest Only Control Group Design,
populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 21 Padang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah
teknik purposive sumpling. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini tes objektif
keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi. Variabel dalam penelitian ini
adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan strategi
GIST dan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan model
pembelajaran konvensional. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan
membaca pemahaman teks eksposisi menggunakan menggunakan strategi GIST
dan skor keterampilan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran
konvensional. Uji persyaratan analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas
dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama,
keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri
21 Padang menggunakan strategi GIST, berada pada kualifikasi baik (B) dengan
rata-rata 81,88. Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa
kelas VIII SMP Negeri 21 Padang menggunakan model pembelajaran
konvensional, berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata
74,9. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis kerja (H
1
) diterima pada taraf signifikan
95% dan derajat kebebasan (n1+n2-2) karena t
hitung
>t
tabel
, yaitu (3,69>2,00).
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan membaca
pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang menggunakan
strategi GIST lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran
konvensional.
Actions (login required)
|
View Item |