Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pasaman

Putra, Fany Surya (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FANY_SURYA_PUTRA_20016015_7230_2024.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Salah keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa dalam Capaian Pembelajaran (CP) bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka adalah keterampilan menulis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti bagaimana pengaruh model pembelajaran project based learning tehadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X yang masih terbilang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning, dan menganalisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman yang terdafar pada tahun ajaran 2023 2024 sebanyak 333 siswa yang diwakili oleh sampel kelas X E 5 berjumlah 33 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning. Ada tiga hasil dalam peneltian ini. Pertama, keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning memperoleh nilai dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning memperoleh nilai dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan uji-t diperoleh nilai t hitung >t tabel sehingga hipotesis (H ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n─1. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project basd learning layak diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:29
Last Modified: 23 Oct 2024 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54701

Actions (login required)

View Item View Item