Barus, Anisa Devita Boru
(2024)
Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial melalui Aplikasi YouTube untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Materi Pastry Kelas XI Kuliner di SMKN 9 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu aspek yang berkembang adalah media pembelajaran, dengan media video tutorial menjadi alat yang efektif dan menarik, terutama dalam bidang kuliner. Video tutorial memungkinkan siswa untuk mempelajari materi secara visual dan dapat diakses kapan saja, memudahkan pembelajaran mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video tutorial melalui YouTube dalam meningkatkan motivasi siswa pada materi pastry kelas XI Kuliner SMKN 9 Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Pretest-Posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 64 siswa, dengan 32 siswa pada kelas eksperimen XI Kuliner 4 dan 32 siswa pada kelas kontrol XI Kuliner 2. Teknik pengumpulan data meliputi angket, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis dengan uji independent sample t-test.
Hasil uji-t Posttest menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas eksperimen dan kontrol memiliki nilai thitung 2,960 > ttabel 1,99897 atau sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan motivasi siswa antara kelas yang menggunakan video tutorial melalui YouTube dan kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional.
Actions (login required)
|
View Item |