Putri, Thasa Almelia (2024) Pengaruh Outdoor Games dalam Mengembangkan Kedisiplinan Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
B1_7_THASA_ALMELIA_PUTRI_18022212_8388_2024.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang berkembangnya kedisiplinan pada anak, masih banyak anak yang tidak disiplin dan belum sadar akan aturan yang berlaku di kelas maupun di sekolah. Kurangnya kedisiplinan anak terlihat dari masih banyak anak yang tidak antri pada saat ingin mencuci tangan, masih ada anak yang tidak meletakkan kembali barang pada tempatnya setelah digunakan, tidak menyusun sepatu atau sendal dengan rapi saat masuk kelas. Pada saat anak bersikap tidak disiplin tersebut, guru menegur anak hanya secara verbal, tetapi tidak berapa lama kemudian anak kembali mengulang perilaku tidak disiplin tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruh outdoor games dalam mengembangkan kedisiplinan anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Telkom Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Sample pada penelitian ini yaitu kelas B1 dan B3 yang masing-masing kelas berjumlah 10 anak, kelompok B1 sebagai kelas kontrol dan kelompok B3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi, kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Hasil dari penelitian terdapat perbedaan rata-rata yang diperoleh kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen sebesar 17,2, sedangkan untuk kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 16,2. Kemudian uji normalitas dan homogenitas pada pre-test dan hasil post-test uji t menunjukkan nilai signifikan (sig) sebesar 0,148 > 0,05. Dapat disimpulkan bahwa varians data N-gain untuk kelas eksperimen dengan outdoor games dan kelas kontrol menggunakan indoor games adalah homogen. Kemudian, dari penelitian ini hasil uji-t diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,005 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang bernilai signifikan antara penggunaan outdoor games dengan perlakuan yang diberikan oleh peneliti dalam mengembangkan kedisiplinan anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | OUTDOOR GAMES, KEDISIPLINAN ANAK, ANAK USIA DINI | ||||||||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mutia Farida | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2024 08:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2024 08:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54688 |
Actions (login required)
View Item |