Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis

Resti, Mulia (2024) Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MULIA_RESTI_19016106_4071_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa dalam menulis terutama menulis teks eksplanasi. Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar sebelum menggunakan teknik pembelajaran mind mapping. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar sesudah menggunakan teknik pembelajaran mind mapping. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan empat teori utama. Pertama, langkah-langkah penerapan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik pembelajaran mind mapping. Kedua, Peranan guru dalam penerapan keterampilan menulis dengan menggunakan teknik pembelajaran mind mapping, Ketiga, peranan siswa dalam penerapan keterampilan menulis dengan menggunakan teknik pembelajaran mind mapping. Keempat, pendekatan yang digunakan dalam penerapan keterampilam menulis dengan teknik pembelajaran mind mapping. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest- Posttest. Sampel yang digunakan dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Data pada penelitian ini berbentuk skor yang dikonversi menjadi nilai berdasarkan dua kali uji keterampilan menulis teks eksplanasi pada sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Terdapat tiga hasil penelitian yang kemudian menjadi simpulan. Ketiga hasil tersebut sebagai berikut. Pertama, Keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar sebelum menggunakan teknik mind mapping diperoleh rata-rata 63,57 dengan klasifikasi “Cukup”. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar sesudah menggunakan teknik mind mapping memperoleh rata-rata 86,90 dengan klasifikasi “Baik Sekali”. “Ketiga berdasarkan uji-t yang telah dilakukan, hipotesis penelitian H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung > ttabel (12,34 > 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar sesudah menggunakan teknik mind mapping lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik mind mapping. Dengan demikian, teknik mind mapping dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TEKNIK PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:35
Last Modified: 21 Oct 2024 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54650

Actions (login required)

View Item View Item