Fismariza, Wiwi
(2024)
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil
Belajar Kognitif Sejarah Siswa Fase E SMA Negeri 12 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran sejarah merupakan cabang dari ilmu pengetahuan yang
membahas asal usul, perkembangan, maupun peranan masyarakat pada masa lalu
yang menyandang nilai kearifan yang berguna dalam membentuk sikap dan
kepribadian peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
bagaimana motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar
kognitif sejarah siswa Fase E SMA Negeri 12 Padang. Penelitian ini diharapkan
dapat memberikan kontribusi positif untuk berbagai pihak khususnya sekolah agar
lebih meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran karena memang
motivasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Pendekatan penelitian ini
yaitunya penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
analisis regresi yang dilakukan di SMA Negeri 12 Padang. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan yang telah peneliti lakukan terkait pengaruh motivasi
belajar terhadap hasil belajar kognitif sejarah siswa fase E SMA Negeri 12 Padang
menunjukkan variable X memiliki nilai p value sebesar 0,000 alias dibawah 0,05
dan t hitung sebesar 9,581 alias lebih besar daripada t table (1,65267), artinya
terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil
belajar.
Actions (login required)
|
View Item |