Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Plotagon Berbasis Project Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah.

Sari, Fauziah Novita (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Plotagon Berbasis Project Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_FAUZIAH_NOVITA_SARI_181299112_4078_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran serta media pembelajaran yang kurang bervariasi. Media pembelajaran yang tersedia di sekolah masih berbentuk cetak, tampilannya yang kurang menarik membuat peserta didik menjadi jenuh sehingga motivasi belajar menjadi menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan plotagon berbasis project based learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D. Proses penelitian menggunakan model 4-D ini terdiri dari empat langkah yaitunya: define, design, develop, and disseminate. Media pembelajaran yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba produk di SDN 02 Percontohan dan subjek penelitian produk di SDN 10 ATTS. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan plotagon berbasis project based learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD yang divalidasi dinyatakan valid dengan rata-rata penilaian validator 92,9 %. Berdasarkan respon guru dan respon peserta didik di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran tematik terpadu sangat praktis dengan nilai rata-rata 92,3% dan 93,75%. Sedangkan persentase respon guru dan respon peserta didik di sekolah penelitian terhadap media pembelajaran tematik terpadu praktis dengan nilai rata-rata 95,83% dan 93,78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan plotagon berbasis project based learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorLensa, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, PLOTAGON, PROJECT BASED LEARNING, 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:29
Last Modified: 15 Oct 2024 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54529

Actions (login required)

View Item View Item