Melisa, Aprilia
(2024)
Penggunaan Pendekatan TPACK pada Pengambangan
E-LKPD berbasis PBL untuk Materi Struktur Atom Fase E
SMA/MA.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Pendidikan di era modern mengacu pada pembelajaran yang inovatif dalam
mengkombinasikan penggunaan teknologi serta metode pembelajaran yang
berpusat kepada peserta didik. Pembelajaran inovatif berhubungan dengan
kemudahan peserta didik dalam memahami dan mempelajari materi menggunakan
bahan ajar yang disediakan salah satunya adalah E-LKPD. Hasil wawancara guru
kimia yang dilakukan dari tiga sekolah di Kabupaten Dharmasraya menyatakan
bahwa pengkombinasian bahan ajar dengan teknologi belum terealisasikan pada
materi struktur atom. Hasil angket peserta didik sebesar 84,2% menyatakan bahwa
materi struktur atom termasuk materi yang membosankan dan 54,8% peserta didik
menyatakan hal tersebut karena bahan ajar yang kurang menarik. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD menggunakan pendekatan TPACK
berbasis PBL pada materi struktur atom fase E SMA/MA yang valid dan praktis
dalam membantu peserta didik memahami materi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D)
model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sitiung dan FMIPA UNP
dengan subjek penelitian tiga dosen kimia FMIPA UNP, dua guru kimia SMAN 1
Sitiung dan sembilan peserta didik yang telah mempelajari materi struktur atom.
Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Data validasi dianalisis
menggunakan rumus Aiken’s V, sedangkan data praktikalitas dianalisis dengan
menentukan persentase praktikalitas dari perbandingan jumlah skor responden
dengan jumlah skor maksimal.
Hasil validitas E-LKPD memperoleh indeks sebesar 0,92 yang terkategori
valid. Penilaian kepraktisan dua guru kimia memperoleh nilai 91,4%, sedangkan
tingkat kepraktisan oleh sembilan peserta didik memperoleh nilai 84,6%.
Kesimpulannya, pengembangan E-LKPD menggunakan pendekatan TPACK
berbasis PBL untuk materi struktur atom fase E SMA/MA menghasilkan E-LKPD
yang valid dan tingkat praktis
Actions (login required)
|
View Item |