Pengaruh E-Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Materi Usaha Energi dan Momentum Impuls Kelas X SMAN 2 Koto XI Tarusan

Yaldi, Mutiara Putri (2024) Pengaruh E-Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Materi Usaha Energi dan Momentum Impuls Kelas X SMAN 2 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_05_MUTIARA_PUTRI_YALDI_19033170_6449_2024.pdf

Download (904kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki peserta didik dalam era modern ini, terutama dalam mempelajari mata pelajaran sains seperti fisika. Namun kenyataanya ditemukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Faktor penyebabnya adalah metode pengajaran yang kurang menekankan pada aspek berpikir kritis, keterbatasan akses terhadap sumber belajar yang bervariasi, serta kurangnya motivasi peserta didik untuk berpikir secara mendalam. Pembelajaran fisika membutuhkan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, salah satunya bahan ajar. Bahan ajar yang dimaksud dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah e-book Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-book terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini Quasi Experiment Design dengan Post-test Only Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Koto XI Tarusan tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan dua kelas sampel yaitu X MIPA 1 menggunakan ebook sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 menggunakan buku cetak biasa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini pada kompetensi pengetahuan adalah tes tulis berupa essay. Data yang diperoleh diuji dan dianalisa secara statistik menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian untuk kedua aspek kompetensi menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan e-book memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan e-book. Hasil uji statistik yang dilakukan menunjukkan perbedaan rata-rata nilai kedua kelas ini memiliki keberartian pada taraf nyata 0,05 dengan nilai thung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan e-book terhadap kemampua berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Book, Kemampuan Berpikir Kritis, Usaha Energi, Momentum dan Impuls
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:03
Last Modified: 15 Oct 2024 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54509

Actions (login required)

View Item View Item