Pengembangan Media Edukasi Busy Book Crossword Puzzle untuk Pembelajaran Kosakata di Taman Kanak-Kanak Al Huffazh Payakumbuh

Yuanita, Sri Kemala Sandi (2023) Pengembangan Media Edukasi Busy Book Crossword Puzzle untuk Pembelajaran Kosakata di Taman Kanak-Kanak Al Huffazh Payakumbuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SRI_KEMALA_SANDI_YUANITA_20330082_715_2023.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yaitu rendahnya penguasaan kosakata anak. Perbendaharaan kosakata anak terkait tema sangat kurang dan anak sulit menguasai kosakata baru dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan media pembelajaran kosakata Busy Book Crossword Puzzle, menghasilkan validitas, praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran kosakata Busy Book Crossword Puzzle di Taman Kanak- Kanak Al Huffazh Payakumbuh. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four D), yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Al Huffazh Payakumbuh dengan subjek penelitian adalah anak-anak usia 5-6 tahun yang berada di kelas B1. Data uji validitas diperoleh dari lembar validasi media aspek materi/isi, tampilan/desain dan bahasa. Data uji praktikalitas diperoleh melalui angket respon guru dan anak, serta observasi penggunaan media. Data efektifitas media diperoleh dari pengamatan aktifitas dan analisis hasil belajar anak. Uji validitas media Busy Book Crossword Puzzle adalah sangat valid, dilihat dari kevalidan materi 91.67%, tampilan media 96.84%, dan bahasa 85%. Uji praktikalitas media edukasi Busy Book Crossword Puzzle adalah sangat praktis dibuktikan dengan hasil analisis respon guru 91.87% dan hasil analisis respon anak 85.75%. Uji efektifitas media edukasi Busy Book Crossword Puzzle terbukti efektif, dibuktikan dengan hasil pembelajaran kosakata anak adalah 88.53% dengan kriteria tuntas dan hasil pengamatan aktifitas anak dalam kegiatan pembelajaran mencapai rata-rata keaktifan 84.94% dengan kriteria aktif sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media edukasi Busy Book Crossword Puzzle menghasilkan media yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran kosakata di Taman Kanak-Kanak Al Huffazh Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANAK USIA DINI, KOSAKATA, BUSY BOOK CROSSWORD PUZZLE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:54
Last Modified: 10 Oct 2024 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54399

Actions (login required)

View Item View Item