Analisis Kualitas Soal dan Jawaban Pertanyaan Esai Berdasarkan Taksonomi Bloom Kelas X Fase E Materi Dasar-dasar Geografi di SMAN 1 Kampar Riau

Syamsaputri, Arrahmah Dea (2024) Analisis Kualitas Soal dan Jawaban Pertanyaan Esai Berdasarkan Taksonomi Bloom Kelas X Fase E Materi Dasar-dasar Geografi di SMAN 1 Kampar Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Arrahmah_Dea_Syamsaputri_20045033_4573_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui tingkatan jenis soal yang diberikan oleh guru berdasarkan taksonomi Bloom 2) mengetahui sumber dan cara guru dalam membuat soal 3) mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menjawab soal berdasarkan taksonomi Bloom. Jenis penelitian yang digunakan adalah Mix metode dengan metode campuran “Explanatory Mixed Methods Design”.Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kampar Riau. Populasi dalam penelitin ini sebanyak 373 siswa, adapun jumlah sampel sebanyak 92 siswa dan 2 informan yakni guru geografi di SMAN 1 Kampar dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yaitu mencocokkan soal dengan kriteria taksonomi Bloom, wawancara, dan perhitungan presentase. Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ulangan harian materi dasar-dasar geografi untuk kelas X.4-X.6 di SMA Negeri 1 Kampar pada tahun ajaran 2023/2024 didominasi oleh tingkat kognitif C4 sebesar 90% dan C3 10%. 2) penyusunan soal ulangan harian belum mempertimbangkan taksonomi Bloom dan cenderung mengambil soal langsung dari buku paket. 3) Analisis jawaban siswa menunjukkan bahwa cenderung menjawab dengan tingkat berfikir LOTS, yaitu dengan presentase LOTS 85,8%, MOTS 10% dan HOTS 4,1%. Dalam pembutan sosal guru seharusnya lebih memperhatiakan soal yang dibuat agar bisa menjadi bahan evaluasi dalam pembelajaran oleh sebab itu analisis terhadap instrumen penilaian guru diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorNovio, ReryUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Oct 2024 09:05
Last Modified: 08 Oct 2024 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54382

Actions (login required)

View Item View Item