Penerapan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Objek Studi Geografi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sarolangun

Aldiansyah, Ilham (2024) Penerapan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Objek Studi Geografi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sarolangun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ILHAM_ALDIANSYAH_20045094_4026_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Google Sites terhadap minat belajar siswa kelas X. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Google Sites pada kelas Eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test kontrol group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang menerima perlakuan menggunakan media pembelajaran Google Sites, sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan uji-t, validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penerapan media pembelajaran Google Sites terkait dengan topik dinamika atmosfer. Siswa yang menggunakan Google Sites pada kelas mencapai mean rank 87,73 pada sampel eksperimen dan 48,93 pada sampel kontrol. Penerapan media pembelajaran Google Sites berpengaruh signifikan, yang didukung oleh oleh peningkatan nilai n-gain 0,74 untuk kelompok Google Sites dan 0,42 untuk kelompok ceramah. Analisis mean rank dengan perolehan signifikan Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,050 menunjukkan asumsi sementara dalam penelitian ini berpengaruh. Hasil dari olahan data ini juga di dukung dengan hasil observasi dari pemberian angket kepada siswa dan juga guru geografi yang berisikan pertanyaan yang berhubungan dengan variable atau indikator dari minat belajar. Dimana dapat disimpulkan bahwa dari penerapan media Google Sites mampu memberikan pengalaman belajar yang menarik dan tidak membosankan, sehingga membuat siswa lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar, serta juga mendukung siswa untuk menguasai pembelajaran. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis bahwa penggunaan media Google Sites secara efektif mempengaruhi kontribusi kompetensi siswa kelas X fase e 4 di SMA Negeri 1 Sarolangun dalam memahami materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSri, MariyaUNSPECIFIED
CorrectorSurtani, SurtaniUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, LailaturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN GOOGLE SITES
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:05
Last Modified: 03 Oct 2024 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54331

Actions (login required)

View Item View Item