Anggraini, Meilani (2024) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_01_Meilani_Anggraini_20016162_6494_2024.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh menggunakan model Project Based Learning berbatuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh menggunakan model pembelajaran konvensional. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model Project Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Terdapat tiga teori utama dalam penelitian ini. Ketiga teori tersebut digunakan dalam menganalisis dan membahas hasil temuan peneliti dalam penelitian ini. Pertama, keterampilan menulis teks tanggapan. Kedua, model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audiovisual. Ketiga, model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Sampel penelitian ini 31 orang untuk kelas eksperimen dan 34 orang untuk kelas kontrol. Sampel yang digunakan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks tanggapan. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t. Berdasarkan penganalisisan data dan pembahasan, dapat disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh menggunakan model Project Based Learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,27. Kedua, keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai ratarata 65,81. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H₁) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena t hitung > t tabel (3,15 > 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Project Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2024 08:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Oct 2024 08:15 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54318 |
Actions (login required)
View Item |