Harefa, Destin Talenta
(2024)
Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL)
Berbantuan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks
Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut.
Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP
Negeri 6 Bukittinggi sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL)
berbantuan teknik mind mapping. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis
teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 6 Bukittinggi sesudah menggunakan model
Project Based Learning (PjBL) berbantuan teknik mind mapping. Ketiga,
menganalisis pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL)
berbantuan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks berita siswa
kelas VII SMP Negeri 6 Bukittinggi.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest
design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. Sampel yang digunakan
dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini hanya
satu kelas.
Berdasarkan penganalisisan data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal.
Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 6
Bukittinggi sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL)
berbantuan teknik mind mapping berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan ratarata
57,50.
Kedua,
keterampilan
menulis
teks
berita
siswa
kelas
VII
SMP
Negeri
6
Bukittinggi
sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL)
berbantuan teknik mind mapping berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC)
dengan rata-rata 69,14. Ketiga, hasil uji hipotesis yang dilakukan
Actions (login required)
|
View Item |