Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Bukittinggi

Harefa, Destin Talenta (2024) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Destin_Talenta_Harefa_20016069_6493_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 6 Bukittinggi sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan teknik mind mapping. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 6 Bukittinggi sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan teknik mind mapping. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 6 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. Sampel yang digunakan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini hanya satu kelas. Berdasarkan penganalisisan data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 6 Bukittinggi sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan teknik mind mapping berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan ratarata 57,50. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 6 Bukittinggi sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan teknik mind mapping berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 69,14. Ketiga, hasil uji hipotesis yang dilakukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorZuve, Farel OlvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Sep 2024 10:02
Last Modified: 27 Sep 2024 10:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54259

Actions (login required)

View Item View Item