Saydina, Titania Hayatul
(2024)
Hubungan Ekspektasi Siswa terhadap Guru BK dengan Minat Siswa Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang memiliki minat yang rendah terhadap pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling. Hal ini didasarkan pada harapan-harapan baik siswa tidak terealisasikan dengan baik seperti, guru BK tidak menerima dengan baik kedatangan siswa ketika akan bercerita dan juga guru BK tidak menampilkan sikap yang hangat dan terbuka sebagai salah satu guru pendidik di sekolah. Namun, tanpa disadari, terdapat faktor lain yang membuat guru BK ku-rang terbuka kepada siswa, yaitu dikarenakan siswa kurang menyadari sikap dan perilaku yang siswa tampilkan kepada guru BK, sehingga guru BK bersikap kurang baik kepada siswa. Melihat pentingnya peran dan tugas guru BK, maka dalam pelaksanaan pelayanan BK harus lebih optimal sehingga siswa memiliki harapan dan minat pada layanan BK di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ekspektasi siswa terhadap guru BK, mendeskripsikan minat layanan Bimbingan dan Konseling, dan menguji apakah terdapat hubungan antara ekspektasi siswa terhadap guru BK dengan minat layanan Bimbingan dan Konsel-ing di SMAN 6 Solok Selatan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 441 siswa di SMAN 6 Solok Selatan pada tahun ajaran 2023/2024 dan sampel sebanyak 210 siswa yang diambil melalui teknik stratified random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert, yaitu instrumen ekspektasi siswa terhadap guru BK dan skala minat layanan Bimb-ingan dan Konseling. Data pada penelitian ini diolah dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS versi 20.00 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ekspektasi siswa terhadap guru BK berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 74%, (2) minat layanan Bimbingan dan Konseling berada pada kategori sangat tinggi dengan per-sentase sebesar 54%, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara ek-spektasi siswa terhadap guru BK dengan minat layanan Bimbingan dan Konseling dengan koefisien korelasi sebesar 0,667 pada tingkat hubungan korelasi yang kuat. Implikasi hasil penelitian pada layanan Bimbingan dan Konseling yaitu, melalui layanan informasi guru BK juga dapat memasyarakatkan layanan BK melalu ma-teri-materi yang disampaikan baik di dalam kelas ataupun di luar kelas, dengan ma-teri mengenai mengenal fungsi BK di sekolah, sopan dalam berbahasa cerminan dari kepribadian, kenali gaya belajarmu, dan pentingnya kepercayaan diri. Melalui layanan Bimbingan Kelompok dapat diberikan topik tugas berupa metode pela-yanan BK yang menarik minat siswa, dan melatih kepercayaan diri melalui layanan BK.
Actions (login required)
|
View Item |