Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan (Suku Kata) Melalui Media Video Interaktif Bagi Anak Disabilitas Intelektual (Classroom Action Research Kelas II di SLB Negeri Pembina Tk Provsu)

Sinaga, Riama Dumauli (2024) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan (Suku Kata) Melalui Media Video Interaktif Bagi Anak Disabilitas Intelektual (Classroom Action Research Kelas II di SLB Negeri Pembina Tk Provsu). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_RIAMA_DUMAULI_SINAGA_23003268_4009_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan yakni tidak dapat membaca suku kata sebagai awal membaca permulaan pada anak disabilitas intelektual ringan dikelas II di SLB Negeri Pembina TK Provsu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca menggunakan media video pembelajaran pada anak disabilitas intelektual di SLB Negeri Pembina Tk Provsu. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatkan kemampuan belajar membaca dengan menggunakan media video pembelajaran bagi anak disabilitas intelektual ringan kelas II di SLB Negeri Pembina Tk Provsu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek sebanyak 3 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah instrument test. Adapun hasil akhir yang didapatkan masing-masing anak pada siklus 1 adalah AN 55% RH 55%, NS 53 sedangkan hasil yang didapatkan pada akhir siklus II adalah AN 79% ,RH 79%, NS 78. Media video pembelajaran yang memiliki berbagai warna dan bentuk gambar sangat cocok diberikan kepada anak disabilitas intelektual ringan yang merupakan anak yang sangat tertarik dengan pembelajaran visual. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar membaca anak disabilitas intelektual ringan kelas II di SLB Negeri Pembina Tk Provsu dengan menggunakan media video pembelajaran interaktif terjadi peningkatan dengan baik sehingga media video pembelajaran interaktif ini sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak disabilitas intelektual ringan di SLB Negeri Pembina Tk Provsu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:17
Last Modified: 11 Sep 2024 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53968

Actions (login required)

View Item View Item