Efektifitas LKPD Terintegrasi Literasi Saintifik Untuk Penggunaan KIT Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Fadilah, Putri (2024) Efektifitas LKPD Terintegrasi Literasi Saintifik Untuk Penggunaan KIT Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_PUTRI_FADILAH_20033030_3950_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum pendidikan di Indonesia telah sampai pada pengembangan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka dirancang untuk mengejar ketertinggalan di dalam literasi dan numerasi. SMAN 1 Harau merupakan salah satu sekolah yang sudah menggunakan kurikulum merdeka. Namun karena masih tergolong kurikulum baru, guru merasa kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran pada kurikulum merdeka, yang berakibat pembelajaran menjadi kurang efektif dan membuat hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan LKPD terintegrasi literasi saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas LKPD terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum fisika terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik fase F dengan mata pelajaran pilihan fisika di SMAN 1 Harau. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal posttest untuk ranah kognitif dan penilaian unjuk kerja untuk ranah psikomotor. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa pada ranah kognitif thitung > ttabel yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar untuk ranah kognitif dan pada ranah psikomotor thitung > ttabel yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar untuk ranah psikomotor. Hubungan antara nilai literasi saintifik dengan nilai posttest dan nilai unjuk kerja memiliki hubungan sedang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorJhora, Fadhila UlfaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TERINTEGRASI LITERASI SAINTIFIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:08
Last Modified: 10 Sep 2024 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53951

Actions (login required)

View Item View Item