Analisis Bekal Awal Belajar Mahasiswa Program Studi Biologi STKIP “Tapanuli Selatan” Padang Sidimpuan Tahun Masuk 2014

Batubara, Seri Irawati (2018) Analisis Bekal Awal Belajar Mahasiswa Program Studi Biologi STKIP “Tapanuli Selatan” Padang Sidimpuan Tahun Masuk 2014. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_SERI_IRAWATI_BANBARA_1104086_70_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan berbagai mata pelajaran cenderung diorganisasi secara berurut dan hierarki sehingga apa yang telah diketahui calon mahasiswa dan sejauh mana calon mahasiswa mengetahuinya jelas mempengaruhi kesiapan calon mahasiswa dalam mempelajari hal-hal baru. Tingkat penguasaan siswa terhadap materi biologi yang diperoleh pada jenjang sekolah menengah atas (SMA), merupakan bekal awal belajar siswa tersebut untuk memasuki jenjang Perguruan Tinggi. Melalui bekal awal belajar seorang pendidik (fasilitator) dapat menentukan substansi yang akan diperluas dan diperdalam sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana bekal awal belajar mahasiswa biologi STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan, korelasi bekal awal belajar dengan nilai SKHUN, korelasi bekal awal belajar dengan nilai biologi umum dan melihat materi-materi biologi yang sudah dikuasai dan yang belum dikuasai mahasiswa pada tes bekal awal belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase untuk melihat kemampuan bekal awal belajar mahasiswa dan melihat kelemahan serta keunggulan materi biologi pada tes bekal awal belajar serta korelasi pearson yang digunakan untuk melihat hubungan bekal awal belajar dengan nilai SKHUN dan juga nilai biologi umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase bekal awal belajar mahasiswa yang termasuk kategori kuat lebih sedikit (45%) bila dibandingkan dengan yang termasuk pada kategori lemah (55%). Tidak terdapatnya korelasi antara nilai bekal awal belajar dengan nilai SKHUN, terdapat korelasi antara bekal awal belajar dengan nilai biologi umum, serta 39 dari 47 indikator yang terdapat pada soal bekal awal belajar termasuk pada kategori kuat. Ini artinya 83% soal yang diberikan pada tes bekal awal belajar sudah dapat dipahami oleh mahasiswa dengan baik. Dengan hasil penelitian ini, seorang dosen sudah memiliki gambaran tentang bekal awal belajar mahasiswanya sehingga dapat mempersiapkan strategi dan metode yang tepat dalam perkuliahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSumarmin, RamadhanUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Bekal Awal Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:23
Last Modified: 06 Sep 2024 10:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53898

Actions (login required)

View Item View Item