Batubara, Seri Irawati
(2018)
Analisis Bekal Awal Belajar Mahasiswa Program Studi Biologi STKIP “Tapanuli Selatan” Padang Sidimpuan Tahun Masuk 2014.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengetahuan berbagai mata pelajaran cenderung diorganisasi secara
berurut dan hierarki sehingga apa yang telah diketahui calon mahasiswa dan
sejauh mana calon mahasiswa mengetahuinya jelas mempengaruhi kesiapan
calon mahasiswa dalam mempelajari hal-hal baru. Tingkat penguasaan siswa
terhadap materi biologi yang diperoleh pada jenjang sekolah menengah atas
(SMA), merupakan bekal awal belajar siswa tersebut untuk memasuki jenjang
Perguruan Tinggi. Melalui bekal awal belajar seorang pendidik (fasilitator)
dapat menentukan substansi yang akan diperluas dan diperdalam sesuai
dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah
untuk melihat sejauh mana bekal awal belajar mahasiswa biologi STKIP
“Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan, korelasi bekal awal belajar dengan nilai
SKHUN, korelasi bekal awal belajar dengan nilai biologi umum dan melihat
materi-materi biologi yang sudah dikuasai dan yang belum dikuasai
mahasiswa pada tes bekal awal belajar. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis persentase untuk melihat kemampuan bekal awal belajar
mahasiswa dan melihat kelemahan serta keunggulan materi biologi pada tes
bekal awal belajar serta korelasi pearson yang digunakan untuk melihat
hubungan bekal awal belajar dengan nilai SKHUN dan juga nilai biologi
umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase bekal awal belajar
mahasiswa yang termasuk kategori kuat lebih sedikit (45%) bila dibandingkan
dengan yang termasuk pada kategori lemah (55%). Tidak terdapatnya korelasi
antara nilai bekal awal belajar dengan nilai SKHUN, terdapat korelasi antara
bekal awal belajar dengan nilai biologi umum, serta 39 dari 47 indikator yang
terdapat pada soal bekal awal belajar termasuk pada kategori kuat. Ini artinya
83% soal yang diberikan pada tes bekal awal belajar sudah dapat dipahami
oleh mahasiswa dengan baik. Dengan hasil penelitian ini, seorang dosen sudah
memiliki gambaran tentang bekal awal belajar mahasiswanya sehingga dapat
mempersiapkan strategi dan metode yang tepat dalam perkuliahan.
Actions (login required)
|
View Item |