Pengembangan Modul Interaktif menggunakan Adobe Flash untuk Pembelajaran Pengayaan Materi Getaran Harmonis di SMA

Elmitawati, Elmitawati (2019) Pengembangan Modul Interaktif menggunakan Adobe Flash untuk Pembelajaran Pengayaan Materi Getaran Harmonis di SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ELMITAWATI_16175008_1279_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis mata pelajaran IPA yang sangat penting adalah fisika. Untuk mencapai hasil belajar fisika yang baik maka dilakukan berbagai model dan strategi pembelajaran. Diakhir pembelajaran dilakukan penilaian untuk mengukur kompetensi peserta didik yaitu ulangan harian. Setelah ulangan harian dilakukan maka akan ditemukan peserta didik yang tuntas untuk diberikan pembelajaran pengayaan. Pentingnya Pembelajaran pengayaan ini yaitu untuk memberikan pengetahuan baru pada peserta didik, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperdalam materi, tercapainya perkembangan peserta didik yang optimal terkait tugas belajarnya, memanfaatkan waktu peserta didik yang telah lulus terlebih dahulu untuk hal-hal yang positif. Masalah yang ditemukan pada observasi di SMAN 1 Sungai Geringging adalah kurang tersedianya bahan ajar pengayaan berbasis IT. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul interaktif untuk pembelajaran pengayaan dengan kategori valid praktis dan efektif agar pembelajaran pengayaan bejalan sebagaimana mestinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembengan menggunakan model ADDIE. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, modul interaktif untuk pembelajaran pengayaan memiliki kategori valid dengan nilai rata-rata dari validator 0,96. Kedua, Nilai praktikalitas modul interaktif menurut guru Fisika sebagai praktisi adalah 97%, sedangkan nilai praktikalitas menurut siswa di SMAN 1 Sungai Geringging diperoleh rata-rata 93,94% dengan katergori sangat praktis dan di SMAN 1 IV Koto Aur Malintang diperoleh rata-rata 90,40% dengan kategori sangat praktis. Ketiga, untuk nilai efektifitas ditunjukan dari perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, di SMAN 1 Sungai Geringging kelas eksperimen memperoleh nilai ratarata 91,35 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 82,61. Sementara itu, di SMAN 1 IV Koto Aur Malintang nilai rata-rata kelas eksperimen 89,14 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 83,66. Berdasarkan perbandingan nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada dua sekolah tersebut, nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yang berarti modul interaktif dinilai efektif untuk digunakan. Kesimpulan dari rangkaian penelitian adalah modul interaktif dengan adobe flash untuk pembelajaran pengayaan materi getaran harmonis di SMA dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan dalam pempelajaran pengayaan fisika di SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
CorrectorOktavia, BudhiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Pembelajaran Pengayaan, Adobe Flash
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:23
Last Modified: 06 Sep 2024 10:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53894

Actions (login required)

View Item View Item