Maulidina, Yuliani
(2019)
Efektivitas Penggunaan Permainan Ular Tangga
Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi
Ikatan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tersedianya permainan ular tangga
kimia sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia yang belum diuji
efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan tingkat efektivitas penggunaan permainan ular tangga kimia
sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa
kelas X SMA/MA.
Jenis penelitian yaitu eksperimen. Desain penelitian ini adalah Preeksperimen
yaitu
One
Group
Pretest-Posstest
Design.
Populasi
pada
penelitian
ini
adalah
siswa
kelas
X
IPA
SMAN
1
2x11
Kayu
Tanam.
Sampel
penelitian
diambil
dengan
menggunakan teknik probability sampling sehingga terpilih kelas X
MIPA 3 sebagai kelas sampel . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji NGain
dan
uji
statistik
nonparametrik.
Hasil penelitian menunjukkan nilai Gain terendah yaitu 0,4 (sedang),
sedangkan yang tertinggi yaitu 1,00 (tinggi). Perolehan nilai rata-rata N- Gain
yaitu 0,76 (tinggi). Uji hipotesis yang dilakukan dengan uji statistik
nonparametrik yaitu uji-wilxocon dengan bantuan aplikasi statistik SPSS 16,
didapatkan nilai signifikansi (sig) untuk kelas sampel sebesar 0,000 yaitu kecil
dari α (α=5%=0,05), berdasarkan nilai signifikan (Sig) menunjukan hasil belajar
siswa sebelum dan sesudah menggunakan permainan ular tangga kimia sebagai
media pembelajaran memiliki perbedaan secara signifikan yaitu mengalami
peningkatan hasil belajar. Berdasarkan analisis data menunjukkan permainan ular
tangga kimia sebagaai media pembelajaran terbukti efektif meningkatkan hasil
belajar siswa dengan kategori tinggi.
Actions (login required)
|
View Item |