Sari, Risa Rafika
(2019)
Pengaruh Strategi Konflik Kognitif terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X Materi Energi dan Momentum di SMAN 5 Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran semestinya membelajarkan siswa sesuai dengan asas
pendidikan. Pilar pembelajaran yang dicetuskan oleh UNESCO di antaranya
learning to do, learning to live together dan learning to transform oneself and
society mengharapkan pembelajaran dapat menjadi cara bagi siswa untuk
memahami dunia serta kompleksitasnya melalui konsep-konsep yang diperoleh
dan menjadi pondasi untuk proses pembelajaran selanjutnya. Siswa hendaknya
mampu menguasai konsep fisika dengan baik agar mampu menerapkannya dalam
kehidupan. Tetapi fakta yang ditemukan di sekolah menunjukkan bahwa
pemahaman konsep siswa masih rendah dan siswa cenderung menggunakan
konsep alternatif mereka dalam penerapan sehari-hari sehingga terkadang
menimbulkan miskonsepsi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah
dengan menerapkan strategi konflik kognitif pada pembelajaran. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh penerapan strategi konflik
kognitif terhadap tingkat pemahaman siswa kelas X materi energi dan momentum
di SMA Negeri 5 Bukittinggi.
Jenis penelitian ini berupa eksperimen semu dengan One Group PretestPosttest
Design.
Populasi pada penelitian ini yaitu siswa Kelas X SMA Negeri 5
Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 163
orang. Sampel diambil secara acak dari populasi yang terdistribusi normal dan
homogen dengan teknik cluster sampling, karena pengambilan sampel diambil per
kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes awal dan
tes akhir untuk pemahaman konsep serta lembar angket pemahaman soal untuk
mengetahui kemampuan siswa memahami soal. Lembar jawaban disertai indeks
keyakinan CRI yang dimodifikasi, yaitu disertai dengan alasan untuk mengetahui
pemahaman siswa. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif
kualitatif dan uji hipotesis dua sampel berkorelasi.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu H
ditolak dan Ha
diterima pada taraf signifikansi 0.05. Ini menunjukkan penerapan strategi konflik
kognitif memberikan pengaruh yang berarti terhadap tingkat pemahaman siswa
kelas X mencakup paham konsep, miskonsepsi dan tidak tahu konsep pada materi
energi dan momentum di SMA Negeri 5 Bukittinggi. Pada materi energi dan
momentum, persentase pemahaman konsep meningkat sedangkan persentase
miskonsepsi dan tidak tahu konsep menurun.
Actions (login required)
|
View Item |