Efek LKS IPA Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Pencernaan Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif Pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang

Angjelina, Putri (2019) Efek LKS IPA Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Pencernaan Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif Pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_PUTRI_ANGJELINA_15033063_869_2019.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Pendidikan memiliki pengaruh besar dalam kemajuan abad 21. Pemerintah telah berupaya untuk menghadapi tantangan abad-21 dengan membudayakan gerakan literasi sekolah. Selain itu, pemerintah juga berupaya meningkatkan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Kondisi nyata di lapangan nampak bahwa hasil belajar IPA Terpadu masih tergolong rendah. Solusi yang tepat dari masalah tersebut adalah menerapkan LKS IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efek yang berarti pada hasil belajar siswa yang menggunakan LKS IPA bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaaan dalam model pembelajaran kontekstual adaptif kelas VIII SMPN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan VIII 3 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi untuk penilaian sikap, lembar tes tertulis untuk penilaian pengetahuan, dan lembar kinerja ilmiah untuk penilaian keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah stattistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbandingan dua rata-rata. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan LKS IPA bermuatan literasi saintifik dalam model pembelajaran kontekstual adaptif tema kesehatan pencernaan memberikan perbedaan yang berarti pada hasil belajar siswa dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan LKS IPA bermuatan literasi saintifik dalam model pembelajaran kontekstual adaptif tema kesehatan pencernaan telah memberikan efek berarti pada hasil kelas VIII SMPN 7 Padang. Jadi, penggunaan LKS IPA Bermuatan Literasi saintifik adalah efektif dalam pembelajaran IPA Terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorMasril, MasrilUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Saintifik, Kesehatan Pencernaan, Kontekstual Adaptif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:49
Last Modified: 06 Sep 2024 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53872

Actions (login required)

View Item View Item